Profil Program Studi D3 Administrasi Bisnis

Program Studi D-III Administrasi Bisnis dibentuk pada tahun 1997 dengan nama Program Stdui D-III Administrasi Niagasesuai Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 413/DIKTI/Kep/1997 tentang pembentukan program studi diploma III (D-III) Akuntansi dan program studi diploma III (D-III) Administrasi Niaga pada politeknik negeri Ambon.Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi kedua program studi dimaksud disatukan dalam satu jurusan yaitu jurusan Tata Niaga dari tahun 1997 sampai tahun 2002. Tahun 2002 secara operasional dimekar menjadi jurusan Akuntansi dan jurusan Administrasi Niaga dengan dikeluarkannya surat tugas Nomor : 149/N25.R/KP/2002 tentang pengangkatan ketua jurusan di lingkungan Politeknik Negeri Ambon tertanggal  28 Desember 2002.

Program Studi D-III Administrasi Niaga ada di bawah Jurusan Administrasi Niaga dirubah namanya menjadi Prorgram Studi D-3 Administrasi Bisnis, dan dipimpin oleh seorang Koordinator Program Studi. Dalam proses perkuliahan menggunakan kurikulum sesuai Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 232/U/2000 tentang pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 045/U/2002 tentang kurikulum inti pendidikan tinggi. Pendidikan pada Program Studi D-III Administrasi Bisnis, Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Ambon merupakan jalur pendidikan profesional program Diploma Tiga (D-III) yang dilaksanakan selama tiga tahun (enam semester). Pada Tahun 2019, Prodi DIII Administrasi Bisnis mendapatkan akreditasi B berdasarkan SK BAN PT No.4612/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XI/2019.

Visi

“MenghasilkanTenaga Kerja Professional di Bidang Administrasi Bisnis Yang Berorientasi Kepulauan”

Misi

  1. Menyelenggarakanprogram pendidikanvokasiberbasiskesetaraancapaianpembelajaran, yang berorientasi pada dunia usaha dan industri.
  2. Menyelenggarakankegiatanpenelitianterapan danpengabdiankepadamasyarakat, yang mendukung pengembangandanpenerapanilmuadministrasibisnis, yang berorientasi
  3. Menyelenggarakan sistem manajemen program studi yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel

Tujuan

  1. Mewujudkan pendidikan yang berkualitas dengan berpedoman kepada motto tepat waktu, tepat ukuran dan tepat aturan, serta mengembangkan kerjasama dengan stakeholder berbasis kompetensi
  2. Tersedianya sumber daya manusia program studi yang kapabel dan proffesional
  3. Meningkatnya aktivitas kemahasiswaan yang bernilai positif
  4. Meningkatnya kegiatan penelitian yang bermanfaat untuk pengembangan dan penerapan ilmu administrasi bisnis yang berorientasikepulauan.
  5. Meningkatnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yang bermanfaat untuk penerapan ilmu administrasi bisnisyang berorientasikepulauan.
  6. Tersedianya sarana dan prasarana pendukung yang memadai demi kelancaran proses pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat
  7. Meningkatnya kualitas pelayanan publik melalui manajemen program studi yang handal, profesional dan akuntabel